Assalamualaikum wr wb. Selamat pagi anak anak, salam sejahtera bagi kita semua. Bagaimana kabar kalian hari ini, semoga dalam keadaan sehat ya. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum belajar.
Anak anak, masih ingat ya materi pelajaran pertemuan yang lalu. Pada pertemuan yang lalu, kalian sudah mempelajari tentang pengertian iklan dan karakteristik iklan. Bahkan kalian sudah memahami perbedaan iklan dengan poster dan slogan. Untuk hari ini, mari kita pelajari lebih lanjut tentang iklan.
1. Unsur unsur pembentuk iklan
a. Sumber : pemasang iklan, yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.
b. Pesan : informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan nonverbal
c. Media : sarana yang digunakan
d. Penerima : individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan
e. Efek : perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f. Umpan balik : tanggapan, reaksi, atau respon yang dikehendaki dari penerima pesan.
2. Penyimpulan Maksud Suatu Iklan
Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi :
a. Iklan pemberitahuan
b. Iklan layanan masyarakat
c. Iklan penawaran
Iklan dapat kita baca dan lihat di semua tempat. Iklan telah mengepung kita dari segala penjuru dan sepanjang waktu. Iklan mampu menembus hampir semua celah kehidupan setiap orang. Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk, tetapi juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat
Tujuan dan fungsi iklan :
a. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk dan manfaat yang mereka peroleh.
b. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merk, pola pola belanja, gaya hidup, teknik teknik mencapai sukses.
3. Menceritakan Kembali Teks Iklan
Iklan merupakan teks yang ringkas, hal ini berkaitan dengan ruang yang diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin luas ruang yang diperlukan untuk penayangannya, semakin besar biayanya. Kata kata dalam iklan harus diperhitungkan keefektifannya.
Anak anak, demikian materi yang dapat saya sampaikan hari ini, semoga kalian dapat memahaminya. Untuk lebih memahami materi yang saya sampaikan, Kalian dapat membaca kembali materi pada buku paket bhs indonesia halaman 33sampai 39. Bila ada yang ingin kalian tanyakan, kalian dapat bertanya melalui wa grup mapel ya. Terimakasih atas perhatiannya dan tetap jaga kesehatan, tetap semangat walau belajar dari rumah, dan patuhi protokol kesehatan bila keluar rumah. Sampai jumpa, salam sehat selalu, wassalamualaikum wr wb.
TUGAS
Silakan kalian buka buku paket bhs indonesia kls 8 halaman 39, kerjakan Kegiatan 2.5. Silakan kalian tulis di kertas folio yang sudah disediakan dari sekolah.
0 Comments