Assalamualaikum wr wb. Selamat pagi anak anak, salam sejahtera bagi kita semua. Bagaimana kabar kalian hari ini, semoga dalam keadaan sehat ya. Jangan lupa berdoa sebelum belajar ya. Tetap semangat walau belajar dari rumah. 

Anak anak, masih ingat materi kita pada pertemuan yang lalu ya. Untuk kali ini kita akan mempelajari pola pola penyajian iklan, struktur teks iklan, dan kaidah kebahasaan teks iklan. 

1. Pola pola Penyajian Iklan

Bentuk bentuk iklan berdasarkan pola penyajiannya :

a. Iklan media cetak

Ciri utama iklan ini adalah penggunaan bahasa tertulis didalam penyampaian pesan pesannya. Mengutamakan kejelasan kata kata dan mengandalkan desain grafis.

Berdasarkan keluasan ruang atau space nya, iklan di media cetak ada beberapa macam :

* Iklan baris : iklan yang pemasangannya berupa baris baris. Teks yang disajikan terbatas. Tidak ada gambar atau ilustrasi. Teks banyak mengalami penyingkatan. Iklan baris pada umumnya dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan kecil.

 contoh. 

* Iklan kolom : iklan yang pemasangannya dalam media berupa kolom kolom. Bentuknya besar, menggunakan teks yang disertai gambar dan berbagai ilustrasi yang menarik.


Dalam iklan kolom dikenal juga iklan display, yaitu iklan yang memiliki ukuran yang lebih luas dibanding iklan kolom.  Ada pula iklan advertorial yaitu iklan yang berkaitan dengan pelayanan jasa kesehatan, pengobatan alternatif, pengenalan perusahaan atau produk baru dengan informasi yang lebih lengkap.

b. Iklan elektronik

Iklan berbasis perangkat elektronik yang mencakup beberapa unsur :

1) Iklan radio, mengandalkan efek suara baik berupa tuturan, musik, dan bunyi bunyi.

2) Iklan televisi, mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.

3) Iklan film, tersaji dalam judul film, muncul sebelum film utama diputar.

Menurut isinya, iklan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu

a. Iklan pemberitahuan : untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa peristiwa, keadaan, atau hal lainnya. Dipasang oleh perorangan, keluarga, atau perusahaan.


b. Iklan layanan masyarakat

Iklan ini bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat.


c. Iklan penawaran

Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa. Iklan penawaran jasa disebut juga dengan iklan niaga dan iklan lowongan kerja.


Anak anak, demikian materi yang saya sampaikan mudah mudahan kalian dapat memahaminya. Apabila ada materi yang ingin kalian tanyakan, dapat kalian bertanya melalui wa grup mapel. Untuk memperjelas pemahaman kalian, kalian dapat membaca buku paket bahasa Indonesia halaman 41 s.d 45. Terimakasih atas perhatiannya, tetap semangat walau belajar dari rumah, tetap patuhi protokol kesehatan bila keluar rumah. Salam sehat selalu. Wassalamualaikum wr wb.